Ia Memainkan Botol Bekas Minuman dengan Telapak Kakinya, Siapa Sangka Alasan Dibaliknya Karena Bisa Sembuhkan Penyakit Ini!

Nyeri tumit adalah kondisi dimana penderita merasakan rasa nyeri saat berat badan bertumpu pada salah satu atau kedua tumit, misalnya saat berdiri atau berjalan. Nyeri tumit termasuk masalah kesehatan yang umum terjadi, di mana 1 dari 10 orang diperkirakan pernah mengalami nyeri tumit setidaknya sekali seumur hidupnya.

Sponsored Ad


Penyebab umum dari munculnya nyeri tumit adalah plantar fasciitis, kondisi medis dimana plantar fascia mengalami kerusakan dan menebal. Plantar fascia merupakan jaringan tebal dan fleksibel yang menghubungkan tulang tumit dengan tulang-tulang lain di telapak kaki. Plantar fascia juga berfungsi sebagai penyerap benturan.

Olahraga untuk Meredakan nyeri tumit:

Bantuan handuk

Sponsored Ad

Sebelum bangun dari tempat tidur di pagi hari, lingkarkan handuk di sekitar bantalan telapak kaki. Gunakan handuk untuk menarik jari-jari kaki ke arah tubuh, usahakan lutut tetap lurus dan tahan posisi tersebut selama 30 detik. Ulangi tiga kali pada tiap kaki.

Bantuan kursi

Duduklah di atas kursi. Angkat dan letakkan kaki yang nyeri di atas lutut kaki yang satunya. Tarik jari-jari kaki ke arah Anda sampai Anda bisa merasakan adanya peregangan di betis dan kaki. Tahan selama 15-20, ulangi sebanyak 3 kali untuk masing-masing kaki.

Sponsored Ad


Bantuan dinding

Berdirilah di depan dinding dan letakkan kedua telapak tangan ke dinding, posisikan kedua telapak kaki menyentuh lantai sambil meluruskan lutut kanan dan tekuk lutut kiri. Letakkan kaki kanan di bagian belakang, dan kaki kiri yang lututnya tertekuk di bagian depan. Condongkan tubuh ke depan dengan mendorong pinggul ke arah dinding sampai otot betis kanan terasa kencang, tahan posisi ini selama 10 detik. Ulangi gerakan ini sebanyak 20 kali pada setiap kaki.

Sponsored Ad

Bantuan kaleng minuman


Meringankan nyeri tumit juga dapat dilakukan dengan bantuan kaleng minuman dingin, botol, plastik dengan air beku es, atau penggilas adonan. Ketika melakukan gerakan ini, Anda bisa berdiri atau duduk. Caranya, letakkan bagian lengkung telapak kaki di atas kaleng lalu gulingkan ke belakang dan ke depan. Ulangi setidaknya dua kali sehari.

Sebelum melakukan olahraga di atas, sebaiknya mintalah pendapat dari dokter terlebih dahulu. Jangan lupa untuk mengistirahatkan kaki dengan menghentikan atau mengurangi aktivitas yang dapat menimbulkan gejala plantar fasciitis. Jika tumit masih terasa sakit, kompres dengan es untuk meredakan nyeri.

Sumber: Alodokter

Kamu Mungkin Suka